Proyek Tiga Pelabuhan di Kepulauan Sumenep Dikebut, Sebegini Progresnya

Jumat, 29 September 2023 – 17:38 WIB
Proyek Tiga Pelabuhan di Kepulauan Sumenep Dikebut, Sebegini Progresnya - JPNN.com Jatim
Salah satu pelabuhan di Kepulauan Sumenep yang telah selesai dibangun Pemkab Sumenep tiga tahun lalu dan kini telah beroperasi. (ANTARA/HO-Pemkab Sumenep)

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Tiga pelabuhan di Kepulauan Sumenep bakal dikebut demi meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah itu sekaligus melancarkan transportasi laut setempat.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menilai kehadiran pelabuhan tersebut menjadi kebutuhan bagi masyarakat kepulauan.

"Karena itu, pembangunan pelabuhan kami genjot. Pelabuhan adalah sarana vital yang dibutuhkan masyarakat di sana," katanya, Jumat (29/9).

Bupati yang akrab disapa Cak Fauzi itu menerangkan sarana transportasi laut bagi masyarakat kepulauan juga sangat dibutuhkan.

"Keduanya sama-sama penting. Namun untuk akses antarpulau, pembangunan pelabuhan lebih mendesak," tuturnya.

Menurutnya, kalau transportasi jarak pendek, masyarakat kepulauan banyak yang memiliki perahu dan selama ini biasa digunakan untuk transportasi antarpulau di sana.

Sebelumnya, Kabid Prasarana dan Keselamatan pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Sumenep Afif Rusidi menyebutkan tiga pelabuhan yang kini sedang dibangun.

Itu meliputi pelabuhan di Kepulauan Paliat (Kecamatan Sapeken), Pelabuhan Banbaru di Pulau Gili Raja dan Pelabuhan Tambat Labuh Banraas di Pulau Giliyang.

Keberadaan pelabuhan menjadi kebutuhan masyarakat kepulauan Sumenep. Oleh karena itu, Cak Fauzi menggenjot pembangunan proyek tersebut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News