Ribuan Keluarga Sampang Gagal Panen, Pemkab Distribusikan Beras Cadangan

Jumat, 29 September 2023 – 16:23 WIB
Ribuan Keluarga Sampang Gagal Panen, Pemkab Distribusikan Beras Cadangan - JPNN.com Jatim
Ribuan keluarga di Sampang gagal panen karena terdampak banjir. Ilustrasi - Petani. Foto: Ricardo/jpnn.com

jatim.jpnn.com, SAMPANG - Sebanyak 1.160 keluarga terdampak gagal panen di Sampang menerima beras cadangan pangan (BCP) dari pemkab setempat.

Bupati Sampang Slamet Junaidi menjelaskan ribuan keluarga itu berasal dari delapan desa dan satu kelurahan.

"Mereka itu merupakan warga yang mengalami gagal panen akibat banjir yang terjadi pada awal 2023," kata bupati yang akrab disapa Aba Idi.

Setiap kepala keluarga mendapat bantuan sebanyak 10 kilogram beras yang diserahkan oleh masing-masing aparat desa dan kelurahan.

"Total beras yang kami distribusikan ialah 11,6 ton," ujar bupati.

Aba Idi menjelaskan Sampang termasuk salah satu kabupaten di Pulau Madura yang masuk daerah rawan banjir saat musim hujan tiba. Penyebabnya dipicu akibat luapan air Sungai Kalikamuning.

"Karena itu, inisiatif penyediaan cadangan pangan daerah merupakan langkah yang harus dilakukan pemkab guna mencegah terjadinya kerawanan pangan," tuturnya.

Selain banjir, jenis bencana alam yang juga sering terjadi di Kabupaten Sampang, yakni kekeringan, tanah longsor, angin puting beliung, dan kebakaran.

Pemkab Sampang mendistribusikan bantuan kepada warga korban bencana alam tergantung jenis bencana. Salah satunya, beras cadangan bagi mereka yang gagal panen.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News