67 Personel Diterjunkan Padamkan Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran

Kamis, 28 September 2023 – 11:49 WIB
67 Personel Diterjunkan Padamkan Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran - JPNN.com Jatim
Gerombolan rusa melintas di jalan kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur. ANTARA/Budi Candra

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Balai Taman Nasional Baluran Situbondo terus berupaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Baluran dengan menerjunkan 67 personel dibantu sukarelawan.

Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono mengatakan 67 personel itu adalah pegawai Taman Nasional Baluran, sukarelawan Masyarakat Peduli Api (MPA), dan masyarakat mitra taman nasional.

"Hingga hari ketiga karhutla di gunung kawasan Taman Nasional Baluran, kami dibantu para sukarelawan MPA dan mitra kami," kata Joko, Rabu (27/9).

Petugas Taman Nasional Baluran dibantu sukarelawan memadamkan api menggunakan peralatan pemadam kebakaran tradisional, yakni gepyok dan jet shooter.

"Kami bersama rekan lainnya memadamkan api menggunakan gepyok, kalau jet shooter semacam rompi berisi air jarang dipakai karena berat dan medan ke lokasi kebakaran sangat terjal," ujarnya.

Pada Selasa (26/9), Kapolres Situbondo bersama dengan jajarannya meninjau kebakaran hutan dan lahan Gunung Baluran dari kejauhan.

Objek wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo ditutup sementara sejak 25-30 September 2023 karena akses jalan satu-satunya digunakan petugas taman nasional untuk operasional dan mobilisasi petugas mengatasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan wisata itu.

Tercatat sejak Senin (25/9) hingga Selasa (26/9) luas kebakaran hutan dan lahan Gunung Baluran di kawasan taman nasional itu sudah mencapai 88,66 hektare. (antara/mcr12/jpnn)

Sebanyak 67 personel dibantu para sukarelawan diterjunkan untuk memadamkan kebakaran hutan di Taman Nasional Baluran.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News