Kebakaran Hutan 10 Hektare, Jalur Pendakian Gunung Budheg Tulungagung Ditutup

Selasa, 26 September 2023 – 11:36 WIB
Kebakaran Hutan 10 Hektare, Jalur Pendakian Gunung Budheg Tulungagung Ditutup - JPNN.com Jatim
Petugas dan relawan mencoba memadamkan kobaran api yang merembet di lereng Gunung Budheg Tulungagung, Senin (25/9) ANTARA/HO-Humas Polres Tulungagung

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghanguskan area lereng gunung purba seluas sepuluh hektare di Tulungagung. Akibat hal itu, jalur pendakian menuju destinasi wisata di puncak Gunung Budheg (550 mdpl ditutup total.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jalur pendakian Gunung Budeg ditutup sementara," kata Kasi Humas Polres Tulungagung Iptu Anshori, Selasa (26/9).

Penutupan aktivitas pendakian atau kunjungan wisata dikarenakan dampak karhutla belum sepenuhnya padam, masih terpantau kepulan asap di beberapa titik lereng.

Kebakaran hutan diketahui melanda sebagian besar kawasan Gunung Budeg sejak Senin (25/9) siang. Namun, tidak sampai merembet ke areal permukiman warga.

Adapun jarak titik api ke rumah hunian warga cukup dekat sehingga sempat memicu kekhawatiran bencana meluas ke perkampungan.

"Untuk sementara api bisa di lokalisasi dengan peralatan yang ada oleh petugas gabungan bersama warga dan relawan. Semoga tidak muncul (api) lagi," ucapnya.

Sejauh ini polisi masih mencoba mengidentifikasi penyebab kebakaran.

Namun, jika merunut riwayat kebakaran hutan yang sudah terjadi empat kali dalam kurun lima tahun terakhir, kobaran api dipicu aktivitas pembukaan ladang atau pembersihan material daun dan semak kering oleh peladang dengan cara dibakar.

Jalur pendakian di Gunung Budeg Tulungagung ditutup untuk sementara waktu akibat kebakaran hutan seluas 10 hektare.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News