Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran Capai 88,66 Hektare

Kamis, 28 September 2023 – 11:25 WIB
Kebakaran Hutan di Taman Nasional Baluran Capai 88,66 Hektare - JPNN.com Jatim
Arsip--Gunung Baluran tampak dari padang sabana kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur. ANTARA/Budi Candra

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Balai Taman Nasional Baluran Situbondo melaporkan luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan wisata alam itu mencapai sekitar 88,66 hektare.

Adapun beberapa titik kebakaran di gunung kawasan taman nasional suaka margasatwa terjadi sejak Senin (25/9) dan hingga saat ini belum padam.

“Jadi, selama dua hari peristiwa kebakaran, yakni Senin (25/9) sampai Selasa (26/9) kami laporkan yang terbakar seluas 88,66 hektare,” ujar Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono, Rabu (27/9).

Menurutnya, luas karhutla di kawasan wisata taman nasional dihitung selama dua hari, sedangkan hari ini belum bisa melaporkan karena puluhan petugas masih berusaha memadamkan api.

Petugas sedikit mengalami kesulitan untuk memadamkan api karena selain embusan angin cukup kencang dan dahan pohon serta ilalang kering mudah terbakar. Medan ke lokasi kebakaran juga cukup terjal.

"Embusan angin cukup kencang sehingga api dengan cepat menjalar dan kami berusaha maksimal memadamkan api sejak awal,” katanya.

Objek wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo ditutup sementara karena akses jalan satu-satunya digunakan petugas taman nasional untuk operasional dan mobilisasi petugas mengatasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan wisata itu.

Akibat kebakaran hutan dan lahan Gunung Baluran kawasan objek wisata alam taman nasional itu, kunjungan wisata ditutup sementara sejak 25-30 September 2023.

88,6 hektare lahan di Taman Baluran Situbondo hangus terbakar selama dua hari.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News