Kekeringan di Pacitan Meluas Hingga 11 Kecamatan, Hanya 1 Wilayah Tak Terdampak

Jumat, 15 September 2023 – 10:35 WIB
Kekeringan di Pacitan Meluas Hingga 11 Kecamatan, Hanya 1 Wilayah Tak Terdampak  - JPNN.com Jatim
Petugas menyalurkan air bersih ke salah satu desa terdampak kekeringan di Kabupaten Pacitan, Kamis (14/9) (ANTARA/HO - BPBD Pacitan)

jatim.jpnn.com, PACITAN - Bencana kekeringan di Kabupaten Jatim meluas hingga di sebelas kecamatan, dari sebelumnya dilaporkan hanya enam kecamatan.

Kepala Seksi Kedaruratan Logistik BPBD Kabupaten Pacitan Radite Surya Anggono mengatakan dari 12 kecamatan yang ada, saat ini hanya satu kecamatan yang tidak terdampak bencana kekeringan.

"Sebanyak sebelas kecamatan yang melaporkan terdampak itu adalah Kecamatan Pacitan, Donorojo, Punung, Arjosari, Bandar, Kebonagung, Nawangan, Sudimoro, Tegalombo, Ngadirojo, Pringkuku," kata Radite, Kamis (14/9).

Dari sebelas wilayah kecamatan tersebut, 31 desa 90 dusun sudah mengajukan bantuan pasokan air bersih setiap harinya.

"Sampai saat ini hanya Kecamatan Tulakan yang belum melapor ada bagian wilayahnya yang mengalami kesulitan air bersih," ujarnya.

Mengacu data BPBD Pacitan, jumlah warga terdampak yang sebelumnya 7.412 jiwa atau 2.026 kepala keluarga (KK), kini menjadi 15.949 jiwa atau 7.277 KK.

Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari hasil pemetaan sebelumnya pada pada pekan lalu.

Radite menjelaskan BPBD Pacitan saat ini melakukan jangka pendek dengan melakukan penyaluran air. Kemudian jangka panjang bakal ada program pipanisasi.

Kekeringan di Pacitan meluas hingga sebelas kecamatan, hanya satu desa yang tidak terdampak.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News