Jalan Layang Krian Sidoarjo Ditargetkan Rampung Akhir Tahun

Jumat, 15 September 2023 – 09:47 WIB
Jalan Layang Krian Sidoarjo Ditargetkan Rampung Akhir Tahun - JPNN.com Jatim
Foto udara pembangunan jalan layang di Krian, Sidoarjo, Jawa Timur. ANTARA/HO-Pemkab Sidoarjo.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Proyek Jalan Layang di Krian dan Tarik, Sidoarjo ditargetkan terselesaikan pada akhir tahun 2023 untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah tersebut.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor di Sidoarjo mengatakan pembangunan jalan layang di Krian dilakukan untuk mengurangi kemacetan akhir perlintasan kereta api serta perempatan di wilayah tersebut.

"Saat ini progres pengerjaannya sudah mencapai 83 persen, akhir tahun ini sudah bisa diselesaikan dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat," ujar Gus Muhdlor, Kamis (14/9).

Sama halnya dengan jalan layang di Tarik yang progres pembangunannya sudah 76 persen. Artinya, sudah sesuai dengan jadwal waktu pengerjaan supaya akhir tahun sudah bisa dinikmati masyarakat.

"Kondisi fisik kedua proyek jalan layang Krian dan Tarik mencapai progres yang memuaskan, yaitu 83 persen untuk jalan layang Krian, sedangkan untuk jalan layang Tarik mencapai 76 persen. Saat ini sudah tersambung dengan satu dan lainnya, termasuk pengecoran di atas permukaan jembatan juga sudah dilakukan," katanya.

Pihaknya optimistis kedua proyek megah ini rampung akhir tahun sehingga Januari 2024 akan masuk uji kelayakan.

"Saat ini pengerjaan tinggal pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan layang serta pengerjaan akhir lainnya," ucapnya.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Sidoarjo sekaligus Ketua Tim Percepatan Persiapan Pembangunan jalan layang Tarik dan Krian, Bachruni Aryawan mengatakan progres kedua proyek jalan layang ini masuk dalam tahap merampungkan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) tepat di sisi timur jalan layang serta penyelesaian akhir lainnya seperti pembangunan saluran air.

"Kami terus kebut untuk target jalan layang bisa digunakan pada Januari 2024," ucapnya.

Bachruni juga meminta maaf kepada masyarakat jika ada beberapa pengalihan jalan untuk penyelesaian proyek jalan layang tepat waktu.

"Kami mohon maaf jika masyarakat masih terganggu atas pengerjaan proyek ini, namun kami himbau agar melewati jalan alternatif untuk sementara waktu," kata dia. (antara/mcr12/jpnn)

Pemkab Sidoarjo menargetkan pembangunan jalan layang Krian rampung pada akhir tahun 2023.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News