Kata Pakar Lingkungan Soal Surabaya Jadi 10 Kota dengan Kualitas Udara Terbersih

Kamis, 14 September 2023 – 13:13 WIB
Kata Pakar Lingkungan Soal Surabaya Jadi 10 Kota dengan Kualitas Udara Terbersih - JPNN.com Jatim
Pengukur kualitas udara di Kota Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Surabaya masuk dalam sepuluh kota dengan udara terbersih versi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dirilis pada Senin (11/9).

Surabaya berada pada peringkat kedua dengan Indeks Kualitas Udara yang hanya mencapai 23.

Nilai tersebut berdasarkan klasifikasi IKU KLHK RI yang diatur dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 14 tahun 2020, yakni dengan parameter 0-50 baik, 51-100 sedang, 101-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 300+ berbahaya.

Pakar Lingkungan Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Arie Dipareza Syafei mengungkapkan bukan hal mustahil, jika Surabaya menjadi kota dengan kualitas udara terbersih.

Menurutnya, nilai kualitas udara di suatu daerah tergantung pada periode pemantauan dan kondisi meteorologi. Misalnya, kecepatan dan arah mata angin.

"Mungkin pada saat pengukuran tersebut, arah anginnya misalnya ke laut dan sebagainya," kata Arie.

Dia menilai pemantauan KLHK tidak berkala, tetapi dilakukan pada periode tertentu. Mungkin saja pada waktu pemantauan, kualitas udara di Surabaya sedang baik.

"Bisa jadi terjadi (Surabaya jadi kota terbersih), mungkin pada saat itu pemantauannya (udara sedang) bersih dan tergantung durasi pengukuran saat itu ," ujarnya.

Surabaya menjadi Kota dengan udara terbersih versi KLHK, pakar lingkungan bilang begini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News