Kondisi Membaik, Bayi Kembar Siam Aisyah & Aliyah Dipulangkan RSSA

Selasa, 22 Agustus 2023 – 13:14 WIB
Kondisi Membaik, Bayi Kembar Siam Aisyah & Aliyah Dipulangkan RSSA - JPNN.com Jatim
Puluhan tenaga kesehatan manyapa Aisyah dan Aliyah, bayi kembar siam yang berhasil menjalani operasi pemisahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (22/8/2023). (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, MALANG - Bayi Aisyah dan Aliyah dipulangkan tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang setelah menjalani operasi pemisahan kembar siam dan perawatan selama 10 hari di sana.

Direktur Utama RSSA dr Bachtiar Budianto menyampaikan secara garis besar, kondisi bayi yang sebelumnya menempel tersebut sehat dan stabil pascaoperasi pemisahan.

"Kondisinya baik, sehat, dan stabil. Tim medis sudah melakukan evaluasi, pascapembedahan. Ini hari ke-10 pascaoperasi," kata Bachtiar, Selasa (22/8).

Kedua bayi yang merupakan anak dari pasangan Hartanto Cahyono dan Susi Sulistyo itu tetap akan dipantau selama beberapa waktu. Selain itu, kedua bayi juga masih akan diperiksa secara rutin oleh tim dokter.

"Kondisinya tidak ada kekurangan apa pun, meski nanti tetap kami akan melakukan evaluasi pascapembedahan, melalui evaluasi kontrol rutin," ujarnya.

Ketua tim pemisahan bayi kembar siam dr Eko Sulistijono Sp.A(K) mengutarakan kondisi Aisyah dan Aliyah saat ini secara klinis baik, meliputi sistem susunan saraf pusat, jantung, dan paru-paru.

Selain itu, lanjutnya, kedua bayi juga bisa menerima asupan nutrisi tanpa ada masalah dan secara garis besar bayi tersebut aktif. Luka bekas operasi juga mulai membaik.

"Bayinya aktif, dari luka operasinya juga bagus, kita putuskan bayinya dipulangkan," tutur Eko.

Setelah seminggu lebih menjalani operasi dan perawatan, bayi kembar siam Aisyah dan Aliyah dipulangkan. Operasi pemisahan itu pertama kalinya bagi RSSA.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News