UMKM Katrol PDRB Jatim, Kota Batu Jadi yang Terbaik

Jumat, 11 Agustus 2023 – 23:18 WIB
UMKM Katrol PDRB Jatim, Kota Batu Jadi yang Terbaik - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengadiri K-UKM Expo 2023 di Grand City, Surabaya. Foto: DOok Haris untuk JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur kembali menggelar K-UKM Expo untuk memperingati Hari UMKM Nasional 2023. Ajang itu digelar pada 11-13 Agustus 2023 di Grand City, Surabaya.

Acara kali ke-10 tersebut mengusung tema "Tranformasi UMKM Masa Depan" dengan tujuan mendorong pelaku usaha untuk naik level hingga produknya dinikmati negara lain.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa UMKM berkontribusi 58,36 persen bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur.

"Semua data yang tertulis dari BPS per 21 Juli yang lalu bahwa pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur alhamdulillah di atas rata-rata nasional dan tertinggi se-Pulau Jawa," kata Khofifah.

Khofifah mengajak para pelaku UMKM di Jatim memperluas pasar hingga ke tingkat ekspor ke pasar mancanegara.

"Karena dengan begitu, UMKM bisa dikatakan naik kelas," ujar gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Dalam acara K-UKM Expo itu, Kota Batu menjadi contoh UMKM terbaik di Jatim karena pertumbuhan ekonomi dan wisatanya berkembang pesat sehingga berdampak baik bagi pelaku usaha setempat.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu Eko Suhartono
mengapresiasi acara K-UKM karena dapat membantu pengembangan UMKM di daerah.

Kota Batu menjadi contoh UMKM terbaik di Jatim karena pertumbuhan ekonomi dan wisatanya berkembang pesat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News