Ratusan Ribu Orang di Surabaya dengan Risiko Obesitas, Waduh!

Jumat, 04 Agustus 2023 – 16:41 WIB
Ratusan Ribu Orang di Surabaya dengan Risiko Obesitas, Waduh! - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mencatat hingga bulan Juni 2023 terdapat 153.476 orang mengalami obesitas yang memilki indeks masa tubuh >25.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan untuk menekan angka obesitas pihaknya memberikan penguatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) tentang kesehatan.

“Pertama, sosialisasi tentang faktor risiko obesitas dan bahaya obesitas bagi kesehatan melalui penyuluhan langsung kepada masyarakat, media sosial, elektronik dan lainnya,” kata Nanik.

Kedua, menberikan edukasi makanan seimbang. Ketiga, mengimbau dan mengarahkan untuk melakukan cek kesehatan secara rutin di puskesmas dan

layanan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Pos Bindu) di wilayah masing-masing.

“Keempat, memberikana himbauan agar mengindari makanan Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK),” jelasnya.

Tak hanya itu, Nanik menyatakan, bahwa antisipasi terkait obesitas di Surabaya juga dilakukan melalui Puskesmas di setiap wilayah.

Sosialisasi itu mulai dari kegiatan penyuluhan bagi kader dan masyarakat umum, kegiatan pemeriksaan terpadu (Bindu) serta pemeriksaan Terpadu Jiwa, Rokok dan Narkoba (Bindu Jirona).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mencatat hingga bulan Juni 2023 terdapat 153.476 orang mengalami obesitas yang memilki indeks masa tubuh >25
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News