Mas Dhito Beber Penyebab LPG 3 Kg Langka di Kediri, Diduga Karena Ini

Kamis, 27 Juli 2023 – 14:36 WIB
Mas Dhito Beber Penyebab LPG 3 Kg Langka di Kediri, Diduga Karena Ini - JPNN.com Jatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat inspeksi mendadak di pangkalan elpiji bersubsidi 3 kilogram wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (26/7). ANTARA/Asmaul Chusna

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pemerintah Kabupaten Kediri menduga penyebab kelangkaan elpiji tiga kilogram lantaran alih peruntukan, salah satunya untuk peternakan. 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengakui banyak tabung elpiji tiga kilogram yang dipergunakan tidak sesuai peruntukannya. 

"Salah satunya di sektor peternakan," kata Hanindhito, Rabu (26/7).

Menurutnya, selain digunakan untuk sektor peternakan, kelangkaan juga terjadi karena di bulan sebelumnya banyak kegiatan hajatan. 

Selain itu, saat tanggal merah juga tidak dilakukan pengiriman barang. Adapun alur distribusi tabung elpiji bersubsidi depo ke agen, kemudian dari agen ke sub agen atau pangkalan.

Setelah dari pangkalan ke pengecer baru ke konsumen. Saat ini ada kebijakan baru penjualan tabung elpiji bersubsidi dari pangkalan langsung ke konsumen.

Pemkab Kediri terus melakukan analisis terkait dengan aduan kelangkaan tabung elpiji bersubsidi tersebut. Terlebih lagi adanya keluhan membeli tabung harus menyertakan KTP.

“Ini masih terus kami analisis. Kami ke agen lagi, mata rantainya ini ada di mana. Sekarang fenomena yang terjadi di masyarakat karena alur dropping mulai dari agen ke pangkalan tidak ada,” ujarnya.

Bupati Kediri Mas Dhito membeberkan dugaan penyebab elpiji tiga kilogram langka.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News