Kronologi KA Gajayana Tabrak Truk Tebu di Baron-Kertosono

Senin, 24 Juli 2023 – 14:16 WIB
Kronologi KA Gajayana Tabrak Truk Tebu di Baron-Kertosono - JPNN.com Jatim
Ilustrasi kereta api. Foto Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MADIUN - Kecelakaan kereta api dengan truk kembali terjadi. Senin (24/7) ini, kecelakaan itu melibatkan KA Gajayana relasi Gambir-Malang dengan truk gandeng muatan ampas temu di antara Stasiun Baron-Kertosono, Nganjuk.

Kejadian itu pun dikonfirmasi oleh Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Supriyanto.

"Kejadian lebih kurang pukul 04.12 WIB," katanya.

Berdasarkan laporan masinis, lanjut Supriyanto, pada saat KA Gajayana melintasi perlintasan tidak terjaga nomor 89 KM 101+5, terdapat truk gandeng yang nekat melintas.

"Sehingga menemper KA Gajayana," ujarnya.

Dia mengeklaim masinis sudah membunyikan bel lokomotif berkali-kali ketika hendak melintas, tetapi truk tersebut tetap melintas dan tidak merespons. Tabrakan pun tak terhindar.

Akibat kejadian tersebut, lokomotif KA Gajayana rusak dan tidak dapat melanjutkan perjalanan. Kereta lantas dievakuasi ke Stasiun Kertosono pada pukul 05.27 WIB menggunakan lokomotif penolong.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim sarana, dinyatakan aman KA Gajayana kembali melanjutkan perjalanan pukul 06.16 WIB dengan kelambatan 116 menit," tuturnya.

PT KAI akan menuntut ganti rugi terhadap pemilik truk muatan ampas temu yang menyebabkan kecelakaan dengan KA Gajayana pagi tadi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News