Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin, Ratusan Warga Mengungsi Butuh Selimut & Makanan

Sabtu, 08 Juli 2023 – 13:22 WIB
Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin, Ratusan Warga Mengungsi Butuh Selimut & Makanan - JPNN.com Jatim
Warga terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru mengungsi di salah satu lokasi pengungsian di Kabupaten Lumajang, Jumat (7/7) malam. ANTARA/HO-Dinsos Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Ratusan warga terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru akibat cuaca ekstrem di sejumlah desa Kabupaten Lumajang. Para warga tersebut mulai mengungsi ke sejumlah lokasi aman pada Jumat (7/7) malam.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Lumajang Dewi Susiyanti mengatakan pihaknya terus mendata jumlah warga yang mengungsi.

"Sampai saat ini sudah ada 393 pengungsi yang tersebar di sejumlah titik pengungsian," kata Dewi.

Adapun beberapa titik yang digunakan sebagai posko pengungsian, yakni Balai Desa Tumpeng, Balai Desa Jarit, Balai Desa Penanggal, rumah warga di Desa Pasrujambe, Balai Desa Tambak Rejo, Ponpes Nurussalam Desa Jarit, dan Kantor Kecamatan Pronojiwo.

"Kemungkinan jumlahnya masih bisa bertambah karena masih banyak warga yang datang ke lokasi pengungsian," tuturnya.

Untuk mencukupi kebutuhan para pengungsi, pihaknya telah menyediakan dapur umum di Balai Desa Jarit, Kecamatan Candipuro.

"Kami sudah siapkan makan malam dan besok Sabtu (8/7) pagi kami sudah operasikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan pengungsi," katanya.

Sementara itu, pengungsi yang berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo sudah ditangani oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang dikoordinir Camat Pronojiwo.

Sebanyak 393 warga mengungsi ke tempat aman karena terdampak banjir lahar dingin Gunung Semeru.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News