Korban Keracunan Daging Kurban di Surabaya Membaik, Dinkes Tunggu Hasil Lab

Senin, 03 Juli 2023 – 14:30 WIB
Korban Keracunan Daging Kurban di Surabaya Membaik, Dinkes Tunggu Hasil Lab - JPNN.com Jatim
Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina angkat bicara soal warga yang keracunan setelah mengonsumsi daging kurban di Kalilom Indah Seruni 2. 

Dia mengungkapkan 28 dari 71 warga yang keracunan masih dirawat inap di rumah sakit dan puskesmas. Kondisi mereka sementara sudah membaik atau stabil.

“Update terakhir, ada 28 yang masih rawat inap, sembilan dipantau rawat jalan, dan yang lain sudah sehat semua,” kata Nanik saat ditemui, Senin (3/7).

Meski kondisi korban sudah stabil, tetapi harus dilakukan observasi terkait dengan penyebab keracunan.

“Masih diobservasi. Sudah banyak yang pulang,” ujarnya.

Hasil uji makanan olahan daging kurban dugaan penyebab keracunan yang dikirim ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) belum keluar.

Nanik pun tidak bisa menduga-menduga penyebab keracunan yang dialami warga Kalilom Lor tersebut.

“Tunggu hasil lab, kami tidak bisa memastikan. Hasil lab keluar 2-3 hari lagi. Kami harus ada pemeriksaan kimia dan mikrobiologi,” tandas Nanik.

Dinkes Surabaya masih menunggu hasil uji makanan di BBLk untuk mengetahui penyebab pasti keracunan warga Kalilom Indah Seruni 2
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News