Kiai Muda Ganjar Beri Workshop Petani di Blitar tentang Sistem Pertanian terpadu

Rabu, 21 Juni 2023 – 23:30 WIB
Kiai Muda Ganjar Beri Workshop Petani di Blitar tentang Sistem Pertanian terpadu - JPNN.com Jatim
Workshop sistem pertanian terpadu yang diselenggarakan Kiai Muda Jatim dukung Ganjar Pranowo kepada petani di Blitar. Foto: Dok. Sukarelawan Ganjar.

jatim.jpnn.com, BLITAR - Sukarelawan Kiai Muda Ganjar mengajak petani di Blitar mandiri dengan metode sistem pertanian terpadu.

Hal itu disampaikan Koordinator Kiai Muda Ganjar Ali Baidlowi saat memberikan workshop di Pondok Pesantren Al Khusuk Tugurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar pada Selasa (20/6).

Kegiatan tersebut diharapkan bisa mengedukasi warga yang mayoritas merupakan petani sehingga mereka bisa mengolah hasil pertanian agar bermanfaat bagi sektor perikanan dan peternakan atau sebaliknya.

"Tujuan kami agar mereka mengetahui, yang kedua bisa melakukan apa yang diajarkan mulai dari awal sampai akhir," ujar Ali.

Hal tersebut bisa membuat petani yang tak mandiri, tidak bergantung pada pupuk kimia.

Dalam workshop tersebut, sukarelawan Ganjar Pranowo itu juga melakukan praktik membuat silase dari rumput gajah dan pupuk kompos dari kotoran kambing.

Silase merupakan makanan ternak yang memiliki kadar air tinggi, diolah melalui proses fermentasi dengan bantuan jasad renik.

Dengan metode pengolahan pertanian terpadu ini diharapkan bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya petani.

Sukarelawan Ganjar Pranowo mengajak petani di Blitar Mandiri dengan Sistem Pertanian Terpadu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News