Dinsos Jember Beri Pendampingan Psikologis Anak yang Ibunya Bunuh Diri

Senin, 19 Juni 2023 – 08:36 WIB
Dinsos Jember Beri Pendampingan Psikologis Anak yang Ibunya Bunuh Diri - JPNN.com Jatim
Garis polisi dipasang di sekeliling rumah korban pembunuhan dua anak oleh ibu kandungnya di Kelurahan Bintoro, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Sabtu (17/6). ANTARA/Zumrotun Solichah

jatim.jpnn.com, JEMBER - Seorang ibu berinisial KK warga Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember mengalami gangguan jiwa, lalu membunuh dua anak kandungnya.

Kedua anaknya yang dibunuh berinisial LA (7) dan anak ketiga AV (delapan bulan), sedangkan anak kedua RZ (6) yang berada di dalam satu rumah selamat.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jember Akhmad Helmi Luqman mengatakan pihaknya bakal memberikan pendampingan secara intensif untuk pemulihan trauma terhadap satu anak yang selamat.

"Petugas akan memberikan pendampingan membantu menyembuhkan trauma yang dialami RZ agar psikologisnya kembali stabil," kata Helmi, Minggu (18/6).

Pihaknya juga bakal berkomunikasi dengan pihak keluarga korban untuk menentukan hak asuh RZ lantaran sehari-harinya ayahnya bekerja sejak pagi hingga malam.

"Kami akan mengawal untuk memastikan bahwa hak asuhnya jatuh pada orang yang tepat agar RZ mendapat kehidupan yang lebih baik ke depannya. Namun, saat ini pemulihan trauma akan dilakukan secara intensif," tuturnya.

Dinsos juga siap melakukan intervensi dan mengambil alih hak asuhnya, jika diperlukan nantinya dan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk menjamin agar kebutuhan primer anak tersebut bisa tercukupi, termasuk pendidikannya.

Sebelumnya, seorang ibu berinisial KK yang membunuh kedua anak kandungnya dan bunuh diri diduga mengalami depresi berat.

Dinas Sosial Jember memberikan pendampingan psikologis dan mencarikan bantuan hak asuh kepada anak yang selamat dalam kasus ibu bunuh anak.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News