Forum Smart City Nasional Jadi Harapan Kolaborasi Antardaerah di Indonesia

Selasa, 13 Juni 2023 – 10:35 WIB
Forum Smart City Nasional Jadi Harapan Kolaborasi Antardaerah di Indonesia - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat memaparkan pelayanan berbasis digital saar gelaran Forum Smart City Nasional di Hotel Shangri-La. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Forum Smart City Nasional 2023 digelar di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya, Senin (12/6).

Acara itu dibuka langsung Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Teknologi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI Mochamad Hadiyana bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Acara yang dihadiri ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini bertujuan untuk saling mengetahui terkait penerapan smart city di kota atau daerahnya masing-masing.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menjelaskan Kota Pahlawan telah menerapkan Smart City sejak tahun 2002. Sejak saat itu, satu-persatu layanan yang diterapkan berbasis elektronik.

“Jadi, semua pelayanan di Surabaya sudah kami lakukan dengan berbasis elektronik, mulai dari perencanaan, perizinan dan semuanya sudah kami lakukan dengan elektronik,” kata Eri.

Salah satunya menerapkan pelayanan berbasis elektronik adalah pantauan secara real times tentang warga miskin, angka stunting, capaian kinerja setiap Perangkat Daerah di lingkungan Pemkot Surabaya, dan serapan anggarannya.

“Semua itu bisa saya pantau karena semuanya sudah berbasis elektronik,” ujarnya.

Menurutnya, terpilihnya Kota Surabaya menjadi tuan rumah Smart City karena pelayanannya sudah berbasis digital.

Surabaya jadi tuan rumah Forum Smart City Nasional 2023, Eri paparkan pelayanan berbasis digital di Kota Pahlawan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News