Percepat Penanganan Pasien Stroke, Ambulans & IGD National Hospital Dilengkapi Smart System

Jumat, 09 Juni 2023 – 15:42 WIB
Percepat Penanganan Pasien Stroke, Ambulans & IGD National Hospital Dilengkapi Smart System - JPNN.com Jatim
Ambulans milik National Hospital Surabaya dilengkapi dengan smart system. Foto: Humas National Hospital

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jika pertolongan pertama pada penderita seperti penyakit stroke terlambat sedikit saja, maka dapat mengakibatkan fatal bagi kondisi pasien gawat darurat.

Guna memaksimalkan penanganan tersebut, National Hospital (NH) menghadirkan ambulans dan IGD berbasis smart system, Kamis (8/6).

Dirut NH dr H. Azwan Hakmi Lubis Sp.A mengatakan, beberapa fitur smart system antara lain GPS tracing, untuk mengetahui kondisi terkini ambulans yang sedang membawa pasien.

"Fitur selanjutnya Monitoring Vital Sign Pasien, lengkap untuk merekam kondisi detak jantung, hingga tekanan darah dan saturasi oksigen," ujar dr Azwan.

Menurutnya, ada dua unit ambulans dilengkapi dengan alat-alat seperti tabung oksigen, alat kejut jantung hingga pengukuran saturasi oksigen.

Disamping itu, lanjut dia, tak ketinggalan juga terpasang CCTV yang terhubung ke Instalasi Gawat Darurat (IGD). Dari situlah perawat bisa mengetahui situasi pasien. 

"Tujuannya supaya hal hal yang perlu dipersiapkan oleh perawat saat pasien tiba di rumah sakit bisa efisien dan efektif," tuntas dr Azwan.

Sementara Penanggung Jawab IGD NH Dokter Felicia Limantoro menambahkan, beberapa obat juga disediakan dalam ambulans, seperti obat jantung dan pasien kejang.

National Hospital (NH) hadirkan ambulans dan IGD berbasis smart system. Simak selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News