Setiap Hari, Penggunaan Sampah Plastik di Surabaya Berkurang 2 Ton

Sabtu, 10 Juni 2023 – 13:03 WIB
Setiap Hari, Penggunaan Sampah Plastik di Surabaya Berkurang 2 Ton - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Konsumsi sampah plastik di Kota Surabaya perlahan-lahan mulai menurun pascaimplementasi Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 16 tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik pada 9 Maret 2022.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya mencatat pengurangan bisa mencapai dua ton setiap hari dari jumlah total sebanyak 1602 ton sampah per harinya.

Kepala DLH Agus Hebi Djuniantoro mengatakan kontribusi pengurangan konsumsi sampah didominasi toko swalayan dan pasar modern karena sudah tidak menggunakan kantong plastik lagi. 

"Larangan menggunakan kantong plastik tak hanya berlaku di toko swalayan dan pasar modern saja, melainkan juga di pasar rakyat," ujar Hebi, Jumat (9/6).

Pemkot Surabaya, kata dia, mendukung kebijakan Pemerintah Pusat untuk menghentikan penggunaan beberapa jenis plastik sekali pakai pada akhir tahun 2020. 

"Kami sedang menunggu regulasi resmi terkait hal tersebut. Kemudian ditindaklanjuti dengan aturan-aturan yang ada di daerah," tuturnya.

Hebi berharap masyarakat dapat menggunakan kantong belanja yang ramah lingkungan.

"Pemkot Surabaya sudah memulai dari awal. Dari daerah wajib untuk pengawasannya dengan aturan turunan dari pusat,” tandas Hebi. (mcr23/jpnn)

Sampah plastik di Surabaya berkurang 2 ton setiap hari

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News