Wali Kota Eri Instruksikan Agar Gerobak Sampah Tak Meluber ke Jalanan Surabaya

Selasa, 09 Mei 2023 – 22:58 WIB
Wali Kota Eri Instruksikan Agar Gerobak Sampah Tak Meluber ke Jalanan Surabaya - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat sidak di TPS Jalan Kenjeran. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginstrusikan agar gerobak-gerobak sampah tidak sampai meluber ke jalan.

Instruksi itu diutarakan seusai Eri melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Jalan Kenjeran, Selasa (8/5) siang.

Akibat gerobak sampah yang meluber ke jalan, bau tak sedap timbul.

“Sudah saya minta (ke petugas TPS), kalau ada gerobak masuk, dicek berapa yang masuk lalu diatur rate (perjalanan) truk angkutan sampah. Jadi, enggak sampai ke jalan luar-luar,” kata Eri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menjelaskan melubernya gerobak sampah ke jalanan itu imbas penyetoran sampah bersamaan ke TPS, sementara armada truk yang ada kurang.

“Jadi, kami mau mengoptimalkan armada. Itu kurang karena bareng-bareng datangnya sampahnya,” kata Hebi.

Hebi menjelaskan hanya ada lima truk yang melayani TPS Jalan Kenjeran itu. Upaya sementara yang akan dilakukan DLH, mengatur jam masuk sampah agar tidak bersamaan.

“Pengaturan itu dilakukan, karena dari total 60 hingga 70 ton sampah per hari membutuhkan setidaknya 13 kali perjalanan truk. Namun nyatanya, selama enam jam, hanya mampu dua perjalanan karena keterbatasan armada,” ucapnya.

Sidak TPS Jalan Kenjeran, Wali Kota Eri punya sejumlah catatan untuk pengaturan truk sampah.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News