Antisipasi Penyakit LSD, Pemkot Surabaya Vaksinasi Satwa di KBS

Senin, 05 Juni 2023 – 21:41 WIB
Antisipasi Penyakit LSD, Pemkot Surabaya Vaksinasi Satwa di KBS - JPNN.com Jatim
Pengunjung KBS sedang memberikan makan satwa. Foto: Humas KBS

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Hewan-hewan di Kebun Binatang Surabaya (KBS) bakal diberikan vaksinasi guna mengantisipasi penyebaran penyakit menular Lumpy Skin Disease (LSD).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Antiek Sugiharti, Senin (5/6).Gej

Gejala LSD pada satwa ditandai dengan dengan munculnya benjolan pada kulit, terutama pada bagian leher, punggung dan perut.

“Untuk vaksin LSD, kami dapat 200 dosis dan untuk kebun binatang (KBS) 60 dosis. Sisanya, 140 dosis kami mulai (berikan) minggu depan,” kata Antiek.

Hanya saja, menurutnya, jumlah vaksin yang diberikan pemerintah pusat masih kurang sehingga pihaknya mengajukan permintaan tambahan.

“Kami lagi minta tambahan 350 dosis lagi,” ujar Antiek.

Dia menjelaskan aturan pemberian vaksinasi, yakni satu dosis tiap hewan. Nantinya akan diberikan kepada semua peternakan di Surabaya dan KBS.

“Kalau nanti ditemukan hewan ternak dan satwa yang terinfeksi LSD harus segera dipisahkan dari hewan lain dan dilakukan karantina. Itu dilakukan untik mencegah penyebaran penyakit ke sapi lain yang masih sehat,” jelasnya.

DKPP Surabaya bakal melakukan vaksinasi terhadap satwa di KBS jaga-jaga terhadap penyebaran penyakit LSD
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News