Ubaya Latih Puluhan Pengemudi Ambulans dari Berbagai Daerah tentang PPGD

Rabu, 31 Mei 2023 – 20:55 WIB
Ubaya Latih Puluhan Pengemudi Ambulans dari Berbagai Daerah tentang PPGD - JPNN.com Jatim
Pelatihan pertolongan pertama gawat darurat yang diberikan RS Ubaya kepada puluhan pengemudi ambulans di Jatim. Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Universitas Surabaya (RS Ubaya) mengadakan pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) kepada pengemudi ambulans yang beroperasi di Surabaya dan sekitarnya, Rabu (31/5).

Tujuan dari pelatihan itu untuk memberikan pengetahuan umum tentang pertolongan awal bagi pasien pada driver ambulans sebelum proses merujuk ke IGD RS.

Sebanyak 30 pengemudi ambulans yang mengikuti pelatihan itu dari berbagai wilayah, seperti Surabaya, Bojonegoro, dan Ngawi.

Adapun yang memberikan pelatihan adalah dokter spesialis emergency RS Ubaya dr Abraham Sebastian.

Dia menjelaskan gold periode kasus kegawatdaruratan dipengaruhi cara evakuasi pasien. Namun, banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara mengevakuasi pasien dengan benar.

“Contohnya, pada beberapa kasus kecelakaan lalu lintas ditemukan perburukan cedera tulang leher. Hal ini disebabkan karena penanganan evakuasi pasien yang tidak tepat,” imbuhnya. 

dr Abraham menyampaikan bagaimana cara melakukan proses evakuasi pasien gawat darurat di luar RS. 

Hal tersebut adalah teknik bidai untuk curiga patah tulang, pemasangan cervical collar untuk mengurangi bertambahnya cedera pada kasus kecelakaan lalu lintas, dan bantuan hidup dasar kepada pasien henti jantung.

RS Ubaya memberikan pelatihan kepada puluhan pengemudi ambulans untuk memahami pertolongan pertama gawat darurat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News