Antisipasi Lonjakan Kasus Kecelakaan Saat Lebaran, RS Ubaya Siaga 24 Jam

Selasa, 18 April 2023 – 11:22 WIB
Antisipasi Lonjakan Kasus Kecelakaan Saat Lebaran, RS Ubaya Siaga 24 Jam - JPNN.com Jatim
Perawat di RS Ubaya saat merapikan kamar untuk pasien. Foto: Dok. Diana untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Universitas Surabaya (RS Ubaya) menyiapkan dokter umum dan spesialis kegawatdaruratan untuk melayani pasien di IGD selama lebaran.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus kecelakaan yang kemungkinan terjadi saat mudik Lebaran.

Direktur RS Ubaya dr Agnes Widayu Estiningsih mengatakan pelayanan tersebut akan diberikan selama 24 jam. Fasilitas yang diberikan berupa kamar perawatan, ruang operasi, hingga kamar intensif.

Adapun sumber daya manusia (SDM) yang disiapkan ada sejumlah dokter umum dan spesialis yang terbagi menjadi tiga shift, serta perawat yang masuk dalam blue tim dan tim infuse. 

"Mereka (perawat) akan dipimpin oleh dokter spesialis emergency medicine," ujar Agnes, Senin (17/4).

Menurutnya, keadaan saat mudik harus diwaspadai semua pihak, termasuk masyarakat yang melakukan perjalanan. Saat mudik, arus lalu lintas padat dan memicu kecelakaan.

“Kami dari tim IGD dengan ambulans siap menjemput, jika terjadi kecelakaan. Kami bekerja sama dengan Jasa Raharja dan saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan Kasat Lantas untuk penanganan kecelakaan saat mudik,” katanya.

Selain itu, ada beberapa penyakit yang diwaspadai, terutama kepada anak-anak, seperti influenza, mual-muntah, hingga diare.

RS Ubaya bakal siaga selama 24 jam dengan dokter umum dan spesialis beserta pelayanannya untuk mengantisipasi lonjakan kasus kecelakaan saat mudik Lebaran.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News