Mahasiswa Ubaya Lukis Wajah Abdul Malik Fadjar di Ribuan Tumpukan Buku

Selasa, 16 Mei 2023 – 20:22 WIB
Mahasiswa Ubaya Lukis Wajah Abdul Malik Fadjar di Ribuan Tumpukan Buku - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Ubaya Novia Norman Azzahra melukis wajah Abdul Malik Fadjar di tumpukan ribuan buku untuk memperingati Hari Buku Nasional 2023, Selasa (16/5). Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) Novia Norman Azzahra melukis wajah Abdul Malik Fadjar di tumpukan ribuan buku untuk memperingati Hari Buku Nasional 2023.

Karya tersebut dipamerkan di Perpustakaan Lantai 2, Kampus Ubaya Tenggilis pada Selasa (16/5).

Novia mengatakan karyanya terinspirasi dari seni tumpukan buku yang ada di perpustakaan luar negeri. Lukisan di atas tumpukan buku dengan tinggi 2,5 meter dan lebar 3,85 meter itu dibuatnya dalam waktu dua hari.

Pembuatan lukisan itu dimulai dari menumpuk buku hingga mengecat. Sebelum menggambar, mahasiswa jurusan Desain Manajemen Produk tersebut membuat sketsa di gawai terlebih dahulu.

“Tantangannya adalah ketika menumpuk buku. Semua buku memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga dibutuhkan teknik yang tepat agar tumpukan tersebut tidak mudah jatuh,” ungkap lulusan SMAN 1 Surabaya itu.

Novia memilih Abdul Malik Fadjar untuk menghormati jasanya sebagai pencetus Hari Buku Nasional di Indonesia pada 2002. Abdul saat itu menjabat sebagai Menteri Pendidikan dalam Kabinet Gotong Royong periode Presiden Megawati Soekarnoputri.

Dia mencetuskan peringatan ini untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat di seluruh Indonesia yang saat itu masih tergolong rendah.

Untuk itu, Abdul mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan minat baca sebab membaca bisa menambah pengetahuan perkembangan dunia modern. Hal tersebut yang menjadi tujuan Novia dalam membuat karya lukisan di atas tumpukan buku.

Mahasiswa Ubaya Novia Norman Azzahra melukis wajah Abdul Malik Fadjar di tumpukan ribuan buku untuk memperingati Hari Buku Nasional 2023,
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News