5 Hari Hilang Kontak, Nelayan Asal Trenggalek Ditemukan Selamat

Sabtu, 13 Mei 2023 – 13:12 WIB
5 Hari Hilang Kontak, Nelayan Asal Trenggalek Ditemukan Selamat - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Aktivitas nelayan di atas geladak kapal yang sandar di pelabuhan perikanan Nusantara Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Seorang nelayan asal Watulimo, Trenggalek bernama Sugiyono ditemukan selamat oleh nelayan lain setelah lima hari hilang kontak. Pria 54 tahun itu hilang akibat perahu yang digunakan melaut terbalik di perairan selatan Jawa.

"Alhamdulillah Pak Sugiyono bisa tertangani dengan baik. Setelah berkoordinasi, kami lakukan penjemputan ke Pacitan. Kondisinya sehat dan sudah kami antarkan ke rumahnya," kata Koordinator Pos SAR Trenggalek Yoni Fariza, Jumat (12/5).

Yoni menjelaskan kejadian itu terjadi pada Senin (8/5) malam Saat Sugiyono berangkat melaut seorang diri ke Pantai Trenggalek menuju dekat Pulau Solimo mencari ikan sotong.

"Korban sudah sempat memancing dan mendapatkan satu ekor ikan sotong yang ditaruh di dalam boks styrofoam. Namun, tak lama setelah itu cuaca buruk, badai, dan muncul ombak besar yang menghantam perahunya," jelasnya.

Dalam situasi darurat tersebut, Sugiyono berusaha menyelamatkan diri dengan berpegangan pada bangkai perahunya yang terbalik.

Nahas, saat kejadian tidak ada kapal lain yang melintas sehingga tak ada yang menolong. Dalam kondisi darurat dia mengikatkan dirinya ke perahu yang terbalik itu agar tetap terapung.

"Selain itu, Pak Sugiyono juga berusaha meminta bantuan dan berupaya mendayung dengan sekuat tenaga, karena masih bisa melihat tepi laut. Namun karena arus yang kuat, upaya itu gagal," bebernya.

Dia juga sempat terseret hingga ke arah barat laut hingga memasuki wilayah perairan di selatan Yogyakarta. Selama beberapa hari dia tidak makan dan minum. Sugiyono pasrah dan berharap ada perahu yang melintas.

Nelayan yang hilang lima hari setelah perahunya terbalik akhirnya ditemukan dengan kondisi selamat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News