Kelompok Nusa Bangsa Demo, Singgung Soal Cawapres dari Kader NU

Kamis, 04 Mei 2023 – 23:54 WIB
Kelompok Nusa Bangsa Demo, Singgung Soal Cawapres dari Kader NU - JPNN.com Jatim
Masyarakat dari kelompok Nusa Bangsa menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor PWNU Jatim. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam kelompok Nusa Bangsa menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Pengurus Wilaya Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim di Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Kamis (4/5).

Massa aksi tersebut melakukan demonstrasi dengan membawa dua tuntutan. Salah satunya yakni mendesak agar PWNU Jatim mengusulkan agar kader NU ikut kontestasi Pemilihan Presiden (2024).

Pembina Kelompok Nusa Bangsa KH Iskandar Zulkarnaen mengingkan agar kader NU asli ikut andil dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Jangan sampai ada kader naturalisasi yang dipilih untuk ikut Pilpres 2024. Harus murni dari kader NU,” kata KH Iskandar.

Menurutnya, banyak kader NU asli yang berkompeten untuk maju dalam Pilpres 2024 di antaranya Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PBNU Yahya Cholil Staquf, hingga Guber Uinsa Ali Maschan Moesa.

“Indonesia harus dipimpin oleh orang yang berkompeten,” katanya.

Kiai Iskandar juga mengatakan aksi ini juga sebagai salah satu peringatan agar pengurus NU tidak menjual nama NU dan agama untuk memaksakan seorang tokoh menjadi kadernya. Sehingga, tokoh tersebut mendapat label NU untuk bisa maju dalam Pilpres 2024.

“Pengurus NU jangan sampai menjual nama NU dan agama. Kalau sudah suka menjual agama untuk kepentingan sesaat agama akan hancur,” tegasnya.

Ini dua tuntutan yang disampaikan kelompok Nusa Bangsa saat demonstrasi di depan kantor PWNU Jatim
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News