Serikat Pekerja & Pengusaha Sepakat Dorong Pembentukan Komnas Hubungan Industrial

Senin, 17 April 2023 – 15:23 WIB
Serikat Pekerja & Pengusaha Sepakat Dorong Pembentukan Komnas Hubungan Industrial - JPNN.com Jatim
Forum Musayawarah Hubungan Industrial yang digelar serikat pekerja dan asosiasi pengusaha di Jatim. Foto: Dok. FMHI Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pertumbuhan industri setiap tahun makin menurun terhadap penyerapan tenaga kerja yang sedikit. Jumlah investasi yang masuk tak sebanding dengan penyerapan tenaga kerja. 

Hal itu menjadi persoalan terhadap kondisi kesejahteraan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. 

Ketua Umum Ganjaran Buruh Berjuang (GGB) Lukman Hakim mencermati hak itu sebagai persoalan yang harus dicari solusinya melalui konsep yang mengatur semua hubungan pelaku antarindustri.

“Forum Musyawarah Hubungan Industrial (FMHI) Jatim yang diadakan di Sidoarjo mengawali kehadiran kami di Jatim melibatkan Serikat Pekerja Nasional (SPN) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jatim,” ujar Lukman tertulis, Senin (17/4).

GBB berkolaborasi dengan SPN mendorong kesejahteraan buruh menggagas konsep pembuatan Komisi Nasional Hubungan Industrial.

"Komisi Nasional Hubungan Industrial yang kami gagas saat ini sedang bermitra dengan SPN dan beberapa serikat pekerja yang lain," ujarnya.

Selain itu, GBB berkolaborasi APINDO dalam memperkuat posisi hubungan industrial ke depannya. 

“Kami bersinergi melibatkan SPN dan APINDO sebagai pembicara pada setiap forum musyawarah yang kami laksanakan. Kami ingin membuat kolaborasi lebih konkret menguatkan industri dan kesejahteraan buruh,” tuturnya.

Forum Musayawarah Hubungan Industrial yang digelar serikat pekerja dan asosiasi pengusaha di Jatim membahas kesejahteraan SDM di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News