Berkat Program Kementan, Petani di Jatim Rasakan Panen Raya Melimpah

Kamis, 13 April 2023 – 22:10 WIB
Berkat Program Kementan, Petani di Jatim Rasakan Panen Raya Melimpah - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Petani menggunakan pupuk organik dalam padi yang ditanam . (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/hp)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Beberapa tempat di Indonesia sudah memasuki musim panen berbagai macam jenis pertanian. Musim panen itulah yang dirasakan petani di Jatim.

Produktivitas musim panen para petani di Jatim tak lepas dari peranan berbagai pihak, termasuk pemerintah yang memberikan bantuan agar petani mendapat panen melimpah.

Peningkatan produktivitas hasil panen itu turut dirasakan petani asal Desa Lebak, Gresik bernama Muflihatun.

Dia mengaku terbantu berkat salah satu program Kementerian Pertanian berupa Unit Pengelolaan Pupuk Organik (UPPO).

“Saya sebelumnya biasa memakai pupuk kimia karena simpel, tetapi efeknya tanah menjadi rusak dan berakibat pada panen juga. Setelah memakai pupuk organik hasil panennya bagus,” kata Muflihatun tertulis, Kamis (13/4).

Ibu dua anak itu saat ini mulai beralih menggunakan pupuk organik, setelah mendapatkan penjelasan dari penyuluh bantuan program UPPO tersebut.

“Mungkin petani yang belum pernah memakai pupuk organik bakal pikir-pikir, tetapi kalau sudah mencoba pasti pakai pupuk organik terus,” ujarnya.

Menurut dia, pembuatan pupuk organik cukup mudah dan biayanya ekonomis. Bahan bakunya mudah didapat di sekeliling para petani. Misalnya, dari kotoran sapi.

Petani di Jatim merasakan kesuksesan panen raya dari program yang diberikan Kementan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News