PVTPP Kementan Dorong Pendaftaran & Pelepasan Varietas Tanaman Jadi Aset Masa Depan

Rabu, 24 Juli 2024 – 16:31 WIB
PVTPP Kementan Dorong Pendaftaran & Pelepasan Varietas Tanaman Jadi Aset Masa Depan - JPNN.com Jatim
Koordinasi Teknis Pendaftaran Varietas Kementan mendorong sebagai aset masa depan. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Kementan melalui Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) mendorong pendaftaran dan pelepasan varietas tanaman sebagai aset masa depan.

Kepala Pusat PVTPP Leli mengatakan pendaftaran itu bertujuan meningkatkan awareness pemerintah daerah dan pelaku usaha dalam melakukan database varietas yang dimiliki.

Selain itu, mengembangkan varietas lebih lanjut sehingga diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan iklim.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah partisipasi publik terhadap perbaikan layanan pendaftaran dan pelepasan varietas,” ujar Leli tertulis, Rabu (24/7).

Dia membeberkan statistik pada 2019 hingga 2024 telah terdaftar sebanyak 1.584 varietas, baik lokal maupun hasil pemuliaan, dan sebanyak 1.063 varietas mendapatkan SK Pelepasan Varietas Tanaman.

Menurutnya, kecenderungan penurunan jumlah varietas yang terdaftar dari tahun 2019 sampai tahun 2023. Pada tahun 2019, telah terbit tanda daftar untuk 508 varietas.

Apabila dibandingkan pencapaian tahun 2019, secara berturut-turut untuk tahun 2020 sampai 2023, terjadi penurunan masing-masing sebesar 37 persen (315), 50 persen (252), 61 persen (197) dan 51 persen (248). 

Dari data itu, dirasa perlu untuk melakukan upaya terobosan yang berdampak makin meningkatnya jumlah varietas terdaftar di Indonesia.

Melalui Pusat PVTPP, Kementan mendorong pendaftaran dan pelepasan barietas tanaman sebagai aset masa depan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News