Gunung Semeru Alami 14 Gempa Letusan, Besuk Kobokan Hingga Besuk Sat Waspada

Rabu, 05 April 2023 – 10:35 WIB
Gunung Semeru Alami 14 Gempa Letusan, Besuk Kobokan Hingga Besuk Sat Waspada - JPNN.com Jatim
Gunung Semeru erupsi yang terpantau dari PPGA Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Selasa (14/2/2023). (FOTO ANTARA/HO-PVMBG

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Gunung Semeru di wilayah Provinsi Jatim mengalami 14 kali gempa letusan selama periode pengamatan Rabu pukul 00.00-06.00 WIB berdasarkan laporan petugas pos pengamatan.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru di Gunung Sawur Mukdas Sofian mengatakan seismograf mencatat gunung tersebut mengalami satu kali gempa guguran.

"Amplitudonya sepuluh mm dan lama gempat 150 detik," kata Sofian, Rabu (5/4).

Gunung Semeru juga terekam mengalami dua kali gempa hembusan dengan amplitudo tujuh sampai sembilan mm selama 65-69 detik dan tiga kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo tiga sampai 27 mm selama 40-100 detik.

Gunung api setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang itu masih berstatus siaga atau level III.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta warga tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari puncak gunung.

Warga juga tidak diperbolehkan melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan hingga sejauh 17 kilometer dari puncak.

Area tersebut berpotensi terdampak awan panas dan aliran lahar.

Gunung Semeru mengalami gempat letusan sebanyak 14 kali terpantau sejak pukul 00.00-06.00 WIB berdasarkan laporan petugas pos pengamatan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News