Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Penderita Jantung dan Diabetes

Sabtu, 01 April 2023 – 12:02 WIB
Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Penderita Jantung dan Diabetes  - JPNN.com Jatim
Tips berpuasa bagi penderit jantung dan diabetes melitus. Ilustrasi Sultan Amanda/jpnn.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) dr. Heru Wijono memberikan tips cara berpuasa aman agar tetap sehat, khususnya bagi penderita jantung dan diabetes melitus.

Dia mengatakan puasa sangat baik bagi penderita jantung dan diabetes melitus lantaran bisa mengurangi risiko komplikasi. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pasien dapat mengatur jam minum obat pada waktu buka dan sahur.

Bagi pasien yang mengonsumsi obat bersifat diuretik atau mendorong produksi air seni, dianjurkan meminumnya saat berbuka puasa. Tujuannya agar cairan tubuh tak banyak keluar saat puasa dan berakibat dehidrasi.

Tips Berpuasa Aman dan Sehat Bagi Penderita Jantung dan Diabetes

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) dr. Heru Wijono. Foto: Dok. Ubaya.

“Pasien juga sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter keluarga untuk mengatur dosis obat yang tepat,” kata dr. Heru tertulis, Sabtu (1/4).

Kedua, jenis makanan yang dikonsumsi. Dokter spesialis penyakit dalam itu menyebut penderita diabetes melitus tetap boleh mengonsumsi makanan yang manis saat berbuka, tetapi tetap harus dikontrol.

dr. Heru Wijono memberikan tips cara berpuasa aman agar tetap sehat bagi penderita Jantung dan Diabetes Melitus.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News