Imbas Pencemaran Lingkungan, Warga Geram, Pintu Masuk TPU Mrican Diblokade

Rabu, 22 Maret 2023 – 13:13 WIB
Imbas Pencemaran Lingkungan, Warga Geram, Pintu Masuk TPU Mrican Diblokade - JPNN.com Jatim
Sampah diturunkan menumpuk di jalur menuju pintu masuk TPA Mrican, Ponorogo, Selasa (21/3) (ANTARA/HO - SDP)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Jalan pintu masuk tempat pembuangan akhir (TPA) Mrican, Ponorogo diblokade sejumlah warga imbas dari pencemaran lingkungan yang mengganggu kesehatan jiwa penduduk sekitar.

Informasi dari salah satu pengunjuk rasa, Athoilah, aksi blokade menggunakan tumpukan batu itu merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya bersama puluhan mahasiswa yang menagih janji pemerintah atas perbaikan pengelolaan limbah setahun lalu.

"Kami hanya minta di TPA ini dibangun IPAL (instalasi pengelolaan air limbah) yang memenuhi standar, agar cemaran limbah tidak berdampak lingkungan, " kata Athoilah, Selasa (21/3).

Namun, IPAL tersebut tak kunjung dibangun, tumpukan sampah dibiarkan menggunung. Akibatnya, bau tak sedap menyengat hingga kawasan permukiman penduduk.

Berbagai persoalan mulai muncul, dari masalah kesehatan, dampak terhadap pertanian, hingga pencemaran lingkungan.

"Dampaknya banyak sekali, mulai dari kesehatan, warga banyak yang gatal gatal, belum lagi pertanian tercemar lahannya, belum lagi tanamannya rusak dan gagal panen, hasilnya menurun drastis," ujarnya.

Aksi blokade tersebut membuat sejumlah sampah dibiarkan menumpuk di pintu masuk TPA. Penutupan TPA Mrican tetap akan dilakukan sementara waktu hingga warga mendapatkan kejelasan tuntutan yang telah disampaikan sebelumnya.

"Kami tetap akan blokade hingga ada realisasi yang jelas," ucapnya.

Warga Ponorogo melakukan blokade jalan pintu masuk TPA Mrican imbas dari pencemaran lingkungan.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News