Ancaman Krisis Keuangan, Gus Fawait: Penyelamatnya UMKM dan Sektor Informal

Sabtu, 18 Maret 2023 – 18:33 WIB
Ancaman Krisis Keuangan, Gus Fawait: Penyelamatnya UMKM dan Sektor Informal - JPNN.com Jatim
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait. Foto: Dok. Pribadi Gus Fawait

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait memberikan respons soal kebangkrutan tiga bank di Amerika Serikat, yaitu Silicon Valley Bank, Silvergate Bank, dan Signature Bank.

Gus Fawait mengaku khawatir nasib tiga bank yang kolaps itu berdampak di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. 

Dia berkaca pada krisis moneter pada 1998 berdampak terhadap sektor ekonomi Indonesia. Hal tersebut bisa menjadi pelajaran agar tidak terulang.

“Kita perlu lagi memprioritaskan sektor-sektor informal, UMKM, bahkan pertanian untuk membentengi ekonomi Indonesia," kata Gus Fawait tertulis, Sabtu (18/3).

Dia membeberkan krisis ekonomi di Indonesia pada tahun 1998 karena guncangan dan krisis dari sektor moneter. Hal itu membuat panik banyak orang sehingga berlomba-lomba menarik dananya dari perbankan.

“Kolapsnya tiga perbankan di AS membuat dunia kaget karena ekonomi Amerika terkuat di dunia, tiba-tiba dilanda kolaps,” bebernya.

Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) itu menjelaskan dengan sistem ekonomi terbuka, jika terjadi gejolak ekonomi atau keuangan dengan ekspor impor bakal merembet ke negara lain. 

"Ini bisa dilihat seperti di Argentina, di mana inflasi di sana hari ini sudah mencapai 100 persen kenaikannya," jelasnya.

Gus Fawait menyarankan Pemprov Jatim membuat terobosan untuk mewaspadai ancaman krisis keuangan dengan melibatkan UMKM dan sektor informal.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News