Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Gedung Fakultas Kedokteran Olahraga Unesa

Kamis, 16 Maret 2023 – 18:22 WIB
Wapres Ma’ruf Amin Resmikan Gedung Fakultas Kedokteran Olahraga Unesa - JPNN.com Jatim
Wakil Presiden Indonesia K.H. Ma’ruf Amin saat menandatangi peresmian gedung Fakultas Kedokteran Olahraga didampingi Rektor Unesa Prof Nurhasan. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wakil Presiden Indonesia K.H. Ma’ruf Amin meresmikan gedung Fakultas Kedokteran (FK) Olahraga Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Kamis (16/3).

Selain itu, Ma’ruf juga meresmikan Laboratorium Anti-Doping pertama di Indonesia dan Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional.

Rektor Unesa Prof Nurhasan mengatakan FK yang ada di Unesa ini berbeda dengan Fakultas Kedokteran perguruan tinggi lainnya.

“Kami berkonsentrasi di bidang keolahragaan. Delapan puluh persen di bidang kedokteran umum dan 20 persen di bidang olahraga. Harapannya, tidak terjadi lagi persoalan di bidang olahraga," ujar Nurhasan, Kamis (16/5).

Dia menjelaskan mahasiswa yang akan menempuh pendidikan FK Olahraga di Unesa akan dibekali terkait dengan masalah kesehatan olahraga, mulai dari jenis otot, kapasitas aerobiknya, hingga antropometri.

“Ilmu-ilmu tersebut nantinya mampu diterapkan para dokter untuk atlet potensial di Indonesia,” tuturnya.

Tak hanya itu, untuk menunjang FK Olahraga, Unesa berencana membangun rumah sakit pendidikan di dekat danau Unesa.

"Sudah di desain dan ada gambarnya tinggal kami mencari investor untuk bermitra membangun RS Pendidikan," ucapnya.

Unesa resmi membuka Fakultas Kedokteran Olahraga. Mereka juga bakal terima 50 mahasiswa jalur mandiri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News