Pangkas Prosedur Rumit Pengelolaan Administrasi PNS, Kemkominfo Luncurkan SIMPHONI

Kamis, 09 Maret 2023 – 20:41 WIB
Pangkas Prosedur Rumit Pengelolaan Administrasi PNS, Kemkominfo Luncurkan SIMPHONI - JPNN.com Jatim
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Usman Kansong, memberikan sambutan pada Peluncuran Sistem Informasi Manajemen Pranata Humas yang Profesional dan Inovatif (SIMPHONI), Kamis (9/3). Foto: Dok. Ditjen IKP Kominfo.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Pranata Humas yang Profesional dan Inovatif (SIMPHONI) di Surabaya, Kamis (9/3).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong mengatakan selama ini prosedur rumit, birokrasi yang bertahap, dan proses yang memakan waktu lama menjadi kendala dalam mengelola administrasi kepegawaian PNS.

"SIMPHONI hadir menjawab berbagai kendala dalam pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH)," kata Usman.

Menurutnya, di era perampingan eselonisasi, pejabat struktural dialihkan menjadi fungsional. Hal tersebut makin terasa menyulitkan instansi-instansi yang memiliki JFPH di dalamnya.

Adaptasi lewat bantuan teknologi sangat diperlukan untuk menyederhanakan tugas yang kompleks, tetapi tetap berfokus pada kepentingan manusia, bukan teknologi itu sendiri.

“Saya juga mengajak setiap instansi untuk bermigrasi ke dalam SIMPHONI. Kalau bisa disegerakan, sebelum 2025 kita sudah menggunakannya secara penuh di setiap instansi pusat dan daerah,” tuturnya.

Dia menjelaskan SIMPHONI merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sebagai manajemen sistem informasi terkait JFPH pada instansi dan kementerian atau lembaga.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik (TKKKP) Kementerian Kominfo Hasyim Gutama menambahkan kehadiran aplikasi tersebut bakal mengubah proses yang selama ini masih menggunakan surat menyurat secara fisik, menjadi digital.

SIMPHONI menjawab kendala prosedur rumit dalam pengeloaan administrasi kepegawaian PNS secara digital.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News