Cuaca Ekstrem, BPBD Trenggalek Minta Masyarakat Waspadai Angin Kencang

Rabu, 01 Maret 2023 – 10:06 WIB
Cuaca Ekstrem, BPBD Trenggalek Minta Masyarakat Waspadai Angin Kencang - JPNN.com Jatim
Petugas menangani dampak longsor disertai pohon tumbang yang timpa kendaraan di jalur nasional Trenggalek-Ponorogo Km 18, Desa Nglongsor, Trenggalek, Minggu (26/2). ANTARA/HO-AW

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - BPBD Trenggalek mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana akibat angin kencang di wilayah setempat seiring cuaca ekstrem yang diramalkan terjadi selama beberapa hari ke depan.

Kepala BPBD Trenggalek Stefanus Triadi Atmono mengatakan ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang perlu diwaspadai terjadi angin kencang periode 27 Februari-2 Maret. Salah satunya di Trenggalek.

"Untuk itu, kami mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan," kata Triadi, Selasa (28/2).

Peringatan dini tersebut terus disosialisasikan BPBD melalui akun resmi lembaga tersebut di medsos maupun melalui media massa.

Angin kencang juga berpotensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir genangan hingga banjir bandang, pohon tumbang, dan tanah longsor.

Pada Minggu (26/2) sore, dua mobil tertimpa pohon tumbang saat melintas di Jalan Nasional Trenggalek-Ponorogo.

"Untuk itu, setiap tiga jam kami berikan pembaruan informasi perkembangan cuaca ke masyarakat lewat media sosial. Kalau BMKG secara umum, kalau kami lebih spesifik di 14 kecamatan," tuturnya.

Pemberitahuan informasi perubahan cuaca secara berkala diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan masyarakat sehingga lebih siap dengan adanya ancaman dari dampak cuaca ekstrem.

BPBD Trenggalek meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan cuaca ekstrem terjadinya potensi angin kencang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News