Lestarikan Kesenian Lokal, Sukarelawan Ganjar Gelar Lomba Musik Patrol di Jember

Senin, 20 Februari 2023 – 17:02 WIB
Lestarikan Kesenian Lokal, Sukarelawan Ganjar Gelar Lomba Musik Patrol di Jember - JPNN.com Jatim
Lomba Musik Patrol di Jember yang diadakan sukarelawan Ganjar Milenial untuk melestarikan kesenian lokal. Foto: Dok. GMC Jatim.

jatim.jpnn.com, JEMBER - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) menggelar lomba musik patrol di Kabupaten Jember untuk melestarikan kesenian lokal yang berkembang di Jawa Timur.

“Lomba musik patrol ini untuk menjaga dan melestarikan budaya tradisional,” kata Koordinator GMC Jatim Mahmud, Minggu (19/2) malam.

Mahmud menjelaskan perlombaan tersebut diikuti 21 tim dan empat di antaranya akan dipilih sebagai juara. Setiap tim terdiri dari sepuluh orang yang memainkan alat musik patrol, termasuk vokalis.

Juara 1 diraih tim New Okat, juara 2 tim Black List, juara 3 Putra Ambulu, dan juara harapan tim Black Style. Mereka mendapatkan uang pembinaan, peralatan musik berupa mic, merchandise, hingga sertifikat penghargaan.

“Personel di dalam tim musik patrol sebagian besar merupakan kaum milenial. Mereka membawakan lagu religi, tradisional, hingga lagu populer di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan tersebut bermanfaat dan bisa menanamkan rasa cinta masyarakat, khususnya kaum milenial pada kebudayaan tradisional.

"Kami kaum milenial harus tetap menjunjung tinggi musik tradisional,  menjaga ciri khas budaya lokal, kalau kita tidak dilestarikan akan redup," tuturnya.

Salah satu peserta Moh. Abdul Fiqih mengaku senang bisa mengikuti lomba tersebut karena kegiatan itu bisa mempopulerkan seni musik patrol kepada masyarakat Indonesia.

Sukarelawan Ganjar Milenial menggelar lomba musik patrol untuk menjaga dan melestarikan kesenian lokal sekaligus menyosialisasikan program Ganjar Pranowo.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News