Banjir Melanda Ponorogo, Kelurahan Paju Terparah

Kamis, 16 Februari 2023 – 16:09 WIB
Banjir Melanda Ponorogo, Kelurahan Paju Terparah - JPNN.com Jatim
Petugas mengevakuasi lansia menggunakan perahu karet menyeberangi jalanan yang terendam banjir di Ponorogo, Jatim, Rabu (16/2/2023) (FOTO ANTARA/HO - SDP)

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Banjir bandang melanda Kabupaten Ponorogo di sejumlah titik hingga Kamis (16/2). Bencana itu dipicu oleh peningkatan debit air Sungai Paju sehingga meluber.

Maklum, hujan deras yang mengguyur Ponorogo sepanjang hari sejak Selasa (14/2) hingga Rabu (15/2).

Kepala Pelaksana BPBD Ponorogo Henry Indrawardana mengungkapkan ada 15 titik banjir terpantau di tiga kecamatan terdampak, yakni Sukoreno, Kauman, dan Ponorogo Kota.

"Banjir merata seluruh Ponorogo ditambah bagian Bulukerto dan Purwantoro (Wonogiri, Jawa Tengah) hujan deras sehingga air dari barat mengalir ke Ponorogo," tuturnya.

Dari 15 titik banjir itu, wilayah yang terdampak paling parah, yakni Kelurahan Paju (Kecamatan Ponorogo), bahkan air masuk hingga ke dalam rumah warga.

"Di Paju, ada 30 rumah yang kemasukan air," ujar Henry.

Sejumlah warga terutama warga lansia saat ini pun terpaksa diungsikan lantaran melihat kondisi kesehatan mereka.

"Kami ungsikan ke Balai Desa Paju karena memang kondisinya sakit ditambah di rumah seorang diri, tetapi saat ini sudah dalam perawatan," katanya

Sebanyak 15 titik banjir terpantau tersebar di tiga kecamatan Kabupaten Ponorogo hingga siang tadi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News