Masyarakat dan Wisatawan Waspada, Aktivitas Gunung Bromo Meningkat

Sabtu, 04 Februari 2023 – 19:27 WIB
Masyarakat dan Wisatawan Waspada, Aktivitas Gunung Bromo Meningkat - JPNN.com Jatim
Gunung Bromo. Foto: ANTARA/Vicki Febrianto

jatim.jpnn.com, MALANG - Gunung Bromo mengalami peningkatan aktivitas, masyarakat atau wisatawan diminta agar tetap waspada.

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi, dan Humas Balai Besar Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat mengatakan peningkatan aktivitas gunung tersebut ditandai dengan adanya sinar api dari kawah.

"Badan Geologi Kementerian ESDM menyampaikan adanya peningkatan aktivitas Gunung Bromo, dengan indikasi adanya sinar api dari kawah. Kami imbau masyarakat dan wisatawan waspada," kata Sarif, Sabtu (4/2).

Sarif menjelaskan indikasi lain peningkatan aktivitas Gunung Bromo adanya bau belerang cukup kuat, suara gemuruh, dan dalam satu pekan terakhir asap putih teramati dari kawah gunung dengan tinggi 2.329 mdpl tersebut.

Dengan kondisi itu, masyarakat, pelaku jasa wisata, wisatawan, dan pengelola kawasan untuk mewaspadai peningkatan aktivitas Gunung Bromo tersebut.

TNBTS juga meminta masyarakat dan wisatawan tetap tenang, tetapi waspada dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan, termasuk instruksi dari BPBD setempat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung, pelaku jasa wisata untuk senantiasa waspada, tetap tenang dan berhati-hati terhadap kondisi tersebut. Kemudian berkoordinasi dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan," ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari Badan Geologi Kementerian ESDM, terjadi peningkatan aktivitas kawah berupa sinar api yang teramati dari dalam kawah pada 3 Februari 2023 pukul 21.14 WIB.

Masyarakat dan wisatawan diminta tetap tenang dan waspada karena aktivitas Gunung Bromo meningkat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News