Sumenep Dilanda Banjir, 615 Rumah Warga Terendam, Paling Banyak di Desa Ini

Senin, 02 Januari 2023 – 12:05 WIB
Sumenep Dilanda Banjir, 615 Rumah Warga Terendam, Paling Banyak di Desa Ini - JPNN.com Jatim
Genangan banjir di jalan raya masuk Kota Sumenep, Minggu (1/1/2022). Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur kawasan itu sejak Sabtu (31/12/2022) hingga Minggu (1/1/2023). (ANTARA/HO-BPBD Sumenep)

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Sumenep pada Minggu (1/1) membuat 615 rumah warga terendam banjir.

Kalaksa BPBD Sumenep Wahyu Kurniawan Pribadi mengatakan data ratusan rumah yang terendam banjir tersebut berdasarkan laporan petugas di lapangan.

"Rinciannya 22 rumah di Dusun Patean Selatan, Desa Patean Kecamatan Batuan; 38 di Dusun Cemara, Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi; dan 455 di empat dusun Desa Marengan Daya, Kecamatan Kalianget," kata Wahyu.

Dia menjelaskan banjir yang menggenangi ratusan rumah di empat dusun Desa Marengan Daya berasal dari luapan air persawahan setempat.

Arus lalu lintas dari Kabupaten Pamekasan menuju Kota Sumenep pun terganggu.

Menurut Wahyu, selain menggenangi ratusan rumah warga, banjir akibat hujan deras di kabupaten paling timur Pulau Madura itu juga membuat sejumlah infrastruktur rusak.

Salah satunya, yaitu jalan penghubung Desa Cempaka dan Lebeng Timur, Kecamatan Pasongsongan rusak tergerus banjir.

Jalanan rusak parah pada bagian kanan dan plengsengan sepanjang lima meter dengan kedalaman dua meter, sedangkan pada bagian kiri rusak sepanjang 20 meter.

Sebanyak 615 rumah warga dilaporkan terendam banjir di Kabupaten Sumenep akibat hujan deras yang mengguyur pada Minggu (1/1).
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News