Refleksi Pendidikan 2022, Dindik Jatim Sasar 1.000 Santri Untuk Berwirausaha

Jumat, 23 Desember 2022 – 12:12 WIB
Refleksi Pendidikan 2022, Dindik Jatim Sasar 1.000 Santri Untuk Berwirausaha - JPNN.com Jatim
Launching program 1,000 Santri OPOP Digipreneur untuk mengatasi lulusan SMA tanpa keterampilan di Jawa Timur. Foto: Humas Dindik Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jatim mengumumkan capaian prestasi pelajar dalam satu tahun terakhir dalam Refleksi Pendidikan 2022, Kamis (22/12) malam.

Berbagai capaian itu berupa Juara Umum OPSI 2022, Juara Umum KSN 2022, Juara Umum LKSN PDBK, dan terbanyak guru yang mengikuti TIK Kemendikbud Ristek.

Kemudian, Kepala Dinas pendidikan Jatim menerima penghargaan Apresiasi Talenta Berprestasi yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud RI.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan banyak langkah dan program inovasi yang diluncurkan Pemprov Jatim untuk menyelesaikan persoalan learning loss, yaitu dengan melakukan pembelajaran tatap muka menyesuaikan sebaran virus Covid-19.

Selain itu, guru dan kepala sekolah didorong terus menciptakan inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi.

"Banyak program yang diluncurkan, beragam beasiswa juga disiapkan. Kami dorong tenaga pendidik memberikan model pembelajaran baru dengan memanfaatkan teknologi informasi," kata Khofifah.

Namun, dia mengakui jika masih banyak pendekatan yang harus dilakukan secara komprehensif terkait model pembelajaran.

Persoalan terbaru di Jatim, lulusan SMA masih banyak yang tak melanjutkan ke perguruan tinggi, yakni lebih dari 50 persen siswa. Mereka memilih terjun ke industri tanpa memiliki keterampilan.

Dinas Pendidikan Jatim memperkuat SMA Double Track dan melatih 1.000 santri untuk program OPOP mengatasi permasalahan lulusan SMA yang tak lanjut pendidikan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News