Jadi Kanal Aduan Masyarakat Surabaya, Aplikasi WargaKu Muat Puluhan Ribu Laporan

Rabu, 14 Desember 2022 – 23:11 WIB
Jadi Kanal Aduan Masyarakat Surabaya, Aplikasi WargaKu Muat Puluhan Ribu Laporan - JPNN.com Jatim
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya M Fikser. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya mencatat sepanjang 2022, ada 10.504 pengaduan yang masuk ke Aplikasi WargaKu.

Kepala Diskominfo Kota Surabaya M Fikser memerinci dari jumlah itu sebanyak 9.795 pengaduan di antaranya dinyatakan selesai, sedangkan sisanya ada yang sedang diproses.

Dia membandingkan pada Maret-Desember 2021, pengaduan yang masuk ke saluran tersebut sebanyak 11.316.

"Aplikasi yang diluncurkan tahun lalu itu memang berfungsi sebagai media pengaduan dan layanan untuk warga Kota Surabaya," ujar Fikser.

Menurutnya, melalui aplikasi yang digagas oleh Wali Kota Eri Cahyadi itu, warga Surabaya dapat menyampaikan kritik, saran, permohonan informasi, keluhan atau apresiasi ke Pemkot Surabaya.

Fikser juga mengungkapkan untuk pengaduan dengan jenis topik administratif rata-rata diselesaikan dalam rentang waktu 2-5 hari. Adapun pengaduan dengan jenis topik fisik rata-rata dituntaskan dalam kurun waktu 7-15 hari.

“Lalu pengaduan dengan jenis topik lainnya rata-rata diselesaikan dalam rentang waktu 4-7 hari,” tuturnya.

Topik-topik yang banyak dilaporkan oleh warga, antara lain, ihwal masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), informasi pemangkasan dan perantingan pohon, jalan rusak maupun berlubang, dan bansos.

Sepanjang 2022, Pemkot Surabaya menerima laporan 10.504 dari aplikasi WargaKu dengan berbagai macam isu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News