Pipa PDAM Sudah Berusia 1 Abad, Akademisi ITS: Harus Diganti

Kamis, 24 November 2022 – 14:52 WIB
Pipa PDAM Sudah Berusia 1 Abad, Akademisi ITS: Harus Diganti - JPNN.com Jatim
Akademisi Teknik Lingkungan ITS Ir Eddy Setiadi Soedjono. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Akademisi Teknik Lingkungan ITS Ir Eddy Setiadi Soedjono mengatakan jaringan pipa milik PDAM Surya Sembada dibangun sekitar tahun 1922. Itu berarti sudah berusia satu abad.

Sementara itu, umur teknis penggunaan pipa maksimal 25 tahun.

"Kondisi tersebut sangat berdampak terhadap distribusi kualitas air bersih kepada masyarakat. Bisa menjadi tidak layak untuk diminum," ujar Eddy, Kamis (24/11).

Dia membandingkan di luar negeri, pipa seperti tersebut sudah harus diganti, entah kondisinya rusak ataupun masih berfungsi dengan baik. Pasalnya, itu merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan PDAM Surya Sembada.

"Hal itu dilakukan supaya distribusi air bersih dari produksi hingga ke rumah pelanggan tetap bagus. Salah satunya dengan memastikan jaringan pipa tidak mengalami kebocoran," tuturnya.

Kendati demikian, dia menyadari jika peremajaan atau rehabilitasi jaringan pipa air milik PDAM Surya Sembada tidaklah mudah.

"Mengganti pipa juga tidak mudah karena pipa-pipa yang lama itu bahkan posisinya sudah di tengah jalan," ucapnya.

Dia mengatakan biaya rehabilitasi pipa juga tidaklah murah mengingat pipa-pipa itu sangat panjang dan mencapai puluhan kilometer serta terbangun puluhan tahun yang lalu.

Guna menjaga kualitas air, PDAM Surya Sembada harus segera melakukan peremajaan pipa-pipa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News