Dispendik Jatim Gelar Pameran Karya dan Inovasi dari SMK Pusat Keunggulan

Minggu, 30 Oktober 2022 – 04:55 WIB
Dispendik Jatim Gelar Pameran Karya dan Inovasi dari SMK Pusat Keunggulan - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur saat melihat salah satu inovasi dalam pameran hasil karya dan inovasi SMK PK. Foto: Humas Pemprov Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pendidikan Jawa Timur menggelar pameran karya dan inovasi SMK-PK (Pusat Keunggulan) EXPO DAN EXPOSE SMK-PK.

Pameran yang digelar 27-31 Oktober 2022 itu diikuti 204 SMK PK dan dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat (28/10).

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi menjelaskan banyak produk inovatif yang dihasilkan SMK-PK.

Salah satunya dari SMK Islam 1 Blitar yang berhasil merakit dan memproduksi mesin produk CNC Turning atau mesin bubut mini berbasis komputer.

Selain digunakan sebagai media pembelajaran praktek pengoperasian mesin CNC Turning, alat tersebut juga untuk mendukung proses produksi usaha UMKM.

"Saat ini, teaching factory yang dimiliki SMK Islam 1 Blitar sudah menghasilkan empat unit mesin dan enam unit pada tahap proses produksi dan oleh pihak terkait sedang dibantu untuk memperoleh hak paten produk," kata Wahid.

Tak hanya itu, produk inovatif lainnya juga dibuat oleh SMK PGRI 1 Kediri, yakni Cadillac Classic Electric Car.

Mobil listrik yang didesain oleh Rojiun, guru SMK PGRI 1 Kediri itu masih dalam tahap perizinan dan pengurusan surat jalan.

Dinas Pendidikan Jawa Timur menggelar pameran karya dan inovasi SMK-PK (Pusat Keunggulan) EXPO DAN EXPOSE SMK-PK, ayok datang
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News