Cegah DBD, Wali Kota Eri Minta KSH Masif Cek Jentik di Rumah-Rumah Warga

Rabu, 05 Oktober 2022 – 22:56 WIB
Cegah DBD, Wali Kota Eri Minta KSH Masif Cek Jentik di Rumah-Rumah Warga - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta Kader Surabaya Hebat (KSH) untuk intensif melakukan pengecekan jentik-jentik di rumah warga.

Hal itu bertujuan untuk mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjelang musim penghujan.

“Para KSH itu sudah bergerak di masing-masing wilayahnya untuk melakukan pengecekan jentik nyamuk ke rumah warga, mulai dari bak mandi, genangan, tumpukan barang bekas, dan sebagainya,” kata Eri, Rabu (5/10).

Eri juga meminta petugas puskesmas untuk melakukan sosialisasi dan pencegahan penyakit DBD kepada masyarakat.

“Saya juga minta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya untuk melakukan edukasi DBD di sekolah-sekolah bagaimana menjaga kebersihan lingkungan dan toiletnya,” katanya.

Untuk menekan angka penularan DBD di Kota Surabaya, Eri meminta KSH juga melakukan tracing (penelusuran) ketika ada salah satu orang terjangkiti DBD di suatu wilayah.

“Pemkot juga bersinergi dengan seluruh rumah sakit (RS) di Surabaya sehingga kalau ada yang sakit itu tahu, ini (orang) kena DBD di wilayah mana. Dengan begitu mengkover zona tersebut agar tidak menyebar ke wilayah lain," ucap Eri. (mcr23/jpnn)

Jelang musim penghujan, Wali Kota Eri minta petugas puskesmas dan KSH berkolaborasi untuk sosialisasi tentang DBD

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News