Kesaksian Eko Melihat Suporter Terhimpit Meminta Tolong di Gate 13 Saat Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 05 Oktober 2022 – 11:34 WIB
Kesaksian Eko Melihat Suporter Terhimpit Meminta Tolong di Gate 13 Saat Tragedi Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Eko salah satu saksi yang juga menolong para korban di Gate 13 ketika berbicara tentang dikuncinya pintu. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Tidak terpikirkan oleh Eko melihat teman-temannya untuk yang terakhir kalinya. Dia menjadi saksi sekaligus orang pertama yang mengevakuasi para penonton di gate 13 atau pintu keluar tribun selatan Stadion Kanjuruhan.

Pria asal Kecamatan Dau, Kabupaten Malang itu beruntung tak ikut masuk melihat pertandingan meskipun punya tiket. Dia memilih berjaga di luar stadion sembari nongkrong di warung kopi berdua dengan temannya.

“Saya waktu itu tidak masuk stadion meski punya tiket dan hanya ngopi di dekat Gate 10 bersama Sam Keceng,” kata Eko, Selasa (4/10).

Menurut dia, sebelum kerusuhan terjadi, aparat keamanan cukup banyak berkumpul di depan pintu VIP. Dia memperkirakan jumlahnya mencapai ribuan dengan peralatan lengkap.

Tampak juga anjing K9 yang ikut berjaga di sana.

“Setengah babak pertama masih aman dan tidak terjadi permasalahan apa pun,” ucapnya.

Pertandingan Arema FC vs Persebaya memang menjadi laga yang seru. Teriakan selama menonton pertandingan terdengar keras, terkadang suara bahagia. Namun, kekalahan tim membuat penonton bersedih.

“Setelah menit ke-91 dan peluit panjang terdengar, ada tembakan pertama, saya curiga. Namun, setelah itu terdengar suara tembakan sampai ketujuh kali,” ungkapnya

Pengakuan saksi dari penolong pintu 13 yang melihat banyak korban jiwa seperti melihat kuburan adik-adiknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News