Catatan Penting Manajemen Persebaya Kepada PSSI Soal Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 05 Oktober 2022 – 10:25 WIB
Catatan Penting Manajemen Persebaya Kepada PSSI Soal Tragedi Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Direktur Media Persebaya Surabaya Nanang Priyanto. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Manajemen Persebaya meminta PSSI membuat SOP baku terkait pelaksanaan pertandingan untuk mencegah terjadinya tragedi Kanjuruhan terulang.

Direktur Media Persebaya Nanang Priyatno mengatakan tragedi kanjuruhan memang sepatutnya menjadi catatan PSSI untuk melakukan evaluasi, apalagi kejadian itu sampai merenggut nyawa ratusan suporter Arema FC.

"Semoga menjadi catatan bapak-bapak di federasi, semoga ada SOP yang lebih bagus," kata Nanang, Selasa (4/10).

Salah satu hal yang menjadi catatan penting, yaitu jam pertandingan. Aturan itu sebetulnya sudah menjadi konsen Persebaya.

Menurut Nanang, banyak aspek yang harus dipertimbangkan, seperti keselamatan dan keamanan suporter.

"Dulu kan kick off kemalaman, terus teman-teman (suporter, red) ikut menyuarakan seperti itu (permintaan perubahan jam pertandingan, red) dan akhirnya Persebaya mainnya sore semua. Ini meminimalisir risiko," tuturnya.

Kemudian, proses skrining penonton juga harus memiliki protap baku. Hal itu untuk mencegah membludaknya penonton di dalam stadion.

"Seperti di Surabaya itu kan yang masuk ke ring tiga stadion harus bergelang macam-macam," ujarnya.

Manajemen Persebaya menyampaikan catatan penting mengenai evaluasi tragedi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan saat laga Arema FC vs Persebaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News