Tengah Surabaya Rawan Banjir, Pembangunan Konektivitas Saluran Air Dikebut

Kamis, 22 September 2022 – 16:54 WIB
Tengah Surabaya Rawan Banjir, Pembangunan Konektivitas Saluran Air Dikebut - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau pengerjaan konektivitas saluran air di Jalan Kenari. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya tengah membangun konektivitas saluran air atau box culvert di 55 titik rawan banjir. Pengerjaan itu ditargetkan rampung pada Desember 2022.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Drainase Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya Eko Yuli saat konferensi pers, Kamis (22/9).

“Pak Wali minta pembangunan konektivitas saluran air itu rampung pada November sehingga sebelum musim hujan tiba, pekerjaan tersebut harus rampung,” kata Eko.

Eko menjelaskan arti kata rampung dalam pekerjaan itu ialah semua saluran sudah berfungsi satu sama lain meskipun ada beberapa hal yang harus diselesaikan.

“Jadi, diharapkan secara fungsinya, itu bisa tercapai sebelum November atau sebelum musim hujan. Sementara untuk pengerjaan seperti pengaspalan setelah pemasangan box culvert harus rampung pada Desember,” ujarnya.

Hingga kini, kata Eko, pengerjaan konektivitas saluran air sudah mencapai 60 persen.

“Pengerjaannya masih 60 persen. Diharapkan Desember bisa 100 persen,” tuturnya.

Pengerjaan konektivitas saluran air ini dimulai dari muara dahulu sehingga ketika hujan deras sistem drainase dapat berfungsi.

Pemkot Surabaya mempercepat pengerjaan konektivitas saluran air yang ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News