3 Sungai Meluap, Belasan Rumah di Desa Sitioarjo Malang Terendam Banjir

Senin, 12 September 2022 – 12:35 WIB
3 Sungai Meluap, Belasan Rumah di Desa Sitioarjo Malang Terendam Banjir - JPNN.com Jatim
Sungai Penguluran yang meluap ketika hujan dengan intensitas tinggi pada Minggu, (11/9). Foto: Source Humas Porles Malang for JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang mengalami banjir cukup tinggi pada Minggu (11/9). Akibatnya belasan rumah terendam dan penghuninya harus dievakuasi.

Tingginya curah hujan menjadi penyebab utama banjir tersebut.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat mengatakan hujan dengan intensitas lebat membuat Sungai Tegalrejo, Pancursari, dan Ringinkembar mengalir ke Sungai Kedungmas Kedungbanteng.

Sungai yang tersambung menuju Sungai Penguluran Sitiarjo itulah yang membuat desa tersebut dilanda banjir.

"Hujan mulai reda dan dapur umum telah dipersiapkan di Balai Desa Sitiarjo," kata Ferli, Minggu (11/9).

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk waspada karena hujan dengan intensitas lebat berpotensi datang secara tiba-tiba sehingga luapan air cepat kembali menggenangi rumah warga.

Menurutnya, debit air di Sungai Pangururan mengalami penurunan 70 sentimeter dan jalan raya selatan Jembatan Sitiarjo sudah tidak ada genangan air.

Desa Sitiarjo ketika masih turun hujan, ada potensi kenaikan debit air sungai Penguluran, seperti yang terjadi sejak pukul 07.30 WIB. Air meluap hingga menggenangi jalan raya sepanjang 50 meter berkedalaman 25 sentimeter.

Desa Sitiarjo Kabupaten Malang banjir disebabkan tiga anak sungai meluap akiabt hujan deras.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News